Friday, March 11, 2016

Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

Kacang tanah atau dapat disebut pula dengan nama kacang kulit merupakan salah satu jenis kacang yang banyak dikenal di kalangan masyarakat. Kacang tanah sendiri sangat banyak dibudidayakan di berbagai daerah yang tersebar di seluruh penjuru Negeri. Kacang tanah dapat diolah menjadi berbagai macam produk seperti  kacang tanah asin, kacang tanah diolah dengan cara dibakar, dioven, digoreng, atau bahkan mentah dengan cara direbus terlebih dahulu.
Banyak orang yang masih beranggapan bahwa mengonsumsi kacang tanah dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Padahal kacang tanah ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh yang mungkin belum Anda ketahui. Nah lantas apa saja sebenarnya manfaat dari kacang tanah untuk kesehatan tubuh? Langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini!
Berikut Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh
Membantu dalam Menurunkan Tekanan Gula dalam Darah
Manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah membantu dalam menurunkan tekanan gula dalam darah. Nah untuk Anda yang mempunyai tekanan gula dalam darah tinggi, mengonsumsi kacang tanah tak perlu menjadi khawatir. Pasalnya itu dapat membantu dalam memasok kebutuhan tubuh sampai dengan 35 persen serta sangat bermanfaat bagi proses metabolisme lemak, karbohidrat, serta membantu dalam menyerap kalsium serta regulasi gula dalam darah. Seperti yang kita ketahui bahwa kadar gula darah tinggi beresiko terkena penyakit diabetes berbahaya.
Membantu dalam Mengurangi Stres dan Depresi
Manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah membantu dalam mengurangi stress dan depresi pada tubuh. Ini dikarenakan di dalam kacang tanah mengandung suatu asam amino esensial yang sangat penting dalam produksi serotonim yang sangat bermanfaat dalam mengontrol suasana hati Anda. Nah untuk Anda yang sedang stress atau mengalami depresi, selain mengonsumsi coklat maka Anda juga bisa mencoba mengonsumsi kacang tanah sebagai menu camilan Anda. Terlebih lagi untuk mendapatkan kacang tanah saat ini cukup mudah. Anda bisa membeli produk kemasan di toko terdekat yang sudah diolah.
Membantu dalam Mencegah Batu Empedu
Manfaat yang berikutnya adalah membantu dalam mencegah batu empedu. Terdapat penelitian menunjukkan bahwa ketika mengonsumsi kacang tanah 1 ons saja dapat membantu dalam mencegah batu empedu. Jika seseorang ngemil kacang tanah selama seminggu dapat menurunkan resiko dari batu empedu yang persentasenya mencapai 25 persen.
Membantu dalam Menurunkan Kadar Kolesterol
Manfaat yang berikutnya adalah membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Halini pastinya akan sangat cocok untuk Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Nah oleh sebab itu bagi Anda yang khawatir akan kolesterol tinggi, mengonsumsi kacang tanah sebagai cemilan tak menjadi masalah, asalkan jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya.
Membantu dalam Menurunkan Resiko Kanker
Kanker menjadi penyakit berbahaya yang dapat mengancam jiwa seseorang. Oleh sebab itu diperlukan pola hidup yang benar seperti mengonsumsi makanan sehat jenis sayur dan buah-buahan, diimbangi dengan olahraga dan juga menghindari rokok dan alkohol. Ini dikarenakan di dalam kacang tanah mengandung asam yang disebut dengan p-coumaric yang bermanfaat dalam menurunkan resiko dari kanker usus pada wanita sampai dengan 40 persen.
Membantu dalam Meningkatkan Daya Ingat Otak
Manfaat dari kacang tanah yang terakhir dalam pembahasan ini adalah membantu dalam meningkatkan daya ingat pada otak. Ini disebabkan di dalam kacang tanah terdapat kandungan vitamin B yang bisa membantu dalam meningkatkan daya ingat otak. Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai manfaat kacang tanah yang dapat Anda ketahui.

Baca


No comments:

Post a Comment