Thursday, March 24, 2016

Manfaat Daun Kangkung untuk Kesehatan Tubuh


Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh/ Seperti jenis sayuran lainnya seperti bayam, kangkung memiliki berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam mencegah berbagai penyakit yang mengancam tubuh. Untuk masalah keberadaan, kangkung tergolong sebagai jenis sayuran yang sangat mudah untuk ditemukan di pasar tradisional. Selain mudah untuk ditemukan, kangkung juga memiliki harga yang terjangkau bagi semua kalangan.

Penanaman kangkung ini dilakukan di tempat basah atau lembab akan dengan cepat tumbuh. Di Indonesia sendiri terdapat jenis kangkung seperti kangkung air dan juga kangkung darat. Untuk keduanya juga memiliki ciri khas yang mendasar. Untuk kangkung air mempunyai ciri daun yang lebih lebar dengan warna hijau kelam serta bunga keunguan. Sedangkan untuk kangkung jenis kering memiliki daun yang lebih kecil ditambah dengan bunganya berwarna putih. Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai apa saja sebenarnya manfaat dari kangkung untuk kesehatan tubuh. Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja sebenarnya manfaat daun kangkung, simak pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Manfaat Kangkung untuk Kesehatan Tubuh

Membantu dalam Mencegah Anemia

Manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah membantu dalam mencegah anemia. Anemia atau permasalahan kurang darah banyak dialami sebagian orang. Masalah ini pastinya dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh seperti tubuh akan terasa mudah lelah, mudah pingsan, dan juga wajah cenderung pucat. Untuk mengatasi anemia, Anda bisa mencoba dengan cara mengonsumsi kangkung. Sama halnya seperti sayur bayam, di dalam kangkung ini memiliki kandungan seperti zat besi yang bisa membantu dalam proses produksi dari sel darah merah pada tubuh. Selain terdapat pada kangkung, zat besi juga terkandung pada kacang panjang, ubi jalar, dan jenis sayuran lainnya.

Membantu dalam Mencegah Diabetes

Manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah membantu dalam mencegah diabetes. Dengan mengonsumsi kangkung dapat membantu dalam menghasilkan zat yang bisa membantu dalam menghambat penyerapan proses gula dalam tubuh. Jadi dengan begitu Anda tak perlu merasa khawatir akan penyakit diabetes. Di samping manfaatnya dalam menyerap kadar gula dalam darah, kangkung juga dapat Anda konsumsi bersamaan dengan nasi.

Membantu dalam Mengurangi Kolesterol

Manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah membantu dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan mengonsumsi kangkung ke dalam menu harian Anda, bisa membantu dalam mengurangi kadar kolesterol tinggi pada tubuh. Untuk pengolahan kangkung sendiri jangan terlalu lama dipanaskan, karena akan mengurangi kandungan gizi apabila terlalu lama. Seperti yang kita ketahui bahwa kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah penyakit salah satunya adalah stroke.

Membantu dalam Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat dari kangkung yang selanjutnya adalah membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting. Kangkung mengandung nutisi seperti vitamin A, vitamin C dan juga beta karoten. Nutrisi tersebut bisa membantu dalam mengurangi radikal bebas dalam tubuh atau sebagai antioksidan yang bisa membantu dalam mencegah kolesterol teroksidasi pada tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa kolesterol yang teroksidasi di dinding pembuluh darah dalam tubuh bisa menyebabkan arteri tersumbat sehingga akan terkena serangan jantung atau stroke. Di samping itu kangkung juga mengandung asam folat dan juga magnesium yang dapat membantu dalam memberikan perlindungan pada jantung dan membantu menurunkan tekanan darah.

Baca


No comments:

Post a Comment